NUZULUL ZULKARNAIN HAQ

Nuzulul Zulkarnain Haq

Statistik

My Project

    Download My Project

    Hook FolderLocker 1.0 adalah software security yang berguna untuk mengunci folder penting, folder rahasia, dsb. Pengguna dapat menambahkan password ke dalam folder agar tidak dapat dibuka oleh sembarang orang.Dengan software ini data data anda akan terlindungi dengan aman. Gunakanlah dengan bijak sesuai kebutuhan anda.

    Download : Hook FolderLocker


    Hook Anticopy 2.0 . Pernahkah data di komputer saudara di copy oleh orang lain tanpa seizin dari saudara? pastinya sebel banget dengan orang itu, apalagi kalau data yang dicuri adalah data penting yang gak ingin jatuh ketangan orang lain. nah sekarang saudara ndak perlu kuatir. dengan software ini data saudara ndak akan bisa lagi di copy ke flashdisk, hardisk external, cd dvd , disket , memory, dll.

    Download : Hook AntiCopy


    Onfreeze SMS Gateway 1.3 . Freeware. Size = 455 KB. Program yang berguna untuk mengirim sms masal dengan mudah seperti untuk pengumuman, promosi , dsb lewat komputer. Program ini bersifat freeware. Alat yang dibutuhkan hp GSM atau modem GSM yang terkoneksi ke komputer bisa lewat kabel atau bluetooth.

    Download : OnefreezeSMSgateway


    Portable Webcam 1.0 . Software alternatif untuk memakai webcam, tersedia gratis untuk di pakai simple dan mudah digunakan (286 KB) . Bisa di pakai untuk winXP, Vista, Seven.

    Download : Portable Webcam


Askep Pre Operatif Part3

diposting oleh nuzulul-fkp09 pada 08 June 2017
di Kep Muskuloskeletal - 0 komentar

Askep Pre Operatif Part1

Askep Pre Operatif Part2

 

1)      Resiko tinggi syok hipovolemik

Intervensi

Rasional

  • · Memantau masukan, pastikan setidaknya 1500 ml oral setiap 24 jam, dan memantau output, pastikan setidaknya 1000-1500 ml per 24 jam
  • · Ukur berat badan setiap hari, untuk melihat adanya dehidrasi.

 

 

  • · Memonitor kadar elektrolit darah, nitrogen urea darah, urine dan osmolalitas serum, kreatinin, hematokrit, dan hemoglobin
  • · Hindarkan makanan yang menyebabkan diuresis, missal: kopi, teh, jus anggur, dll.
  • · Pertimbangkan kehilangan cairan tambahan yang terkait dengan adanya muntah dan diare.
  • · Untuk drainase luka:
    -  Memelihara catatan yang akurat tentang jumlah dan jenis drainase.
    - Dressing luka untuk meminimalkan kehilangan cairan
    • Untuk mempertahankan cairan dalam tubuh

 

 

 

  • penurunan berat badan dari 2% -4% menunjukkan dehidrasi ringan, 5% -9% dehidrasi moderat, >9% dehidrasi berat.
  • Untuk melihat adanya shok hipovolemi

 

 

  • dapat meningkatkan kehilangan cairan

 

  • untuk mencegah dehidrasi

 

 

  • menghindari penguapan cairan yang terlalu banyak.

 

 

 

 

2)      Resiko tinggi infeksi

Intervensi

Rasional

  • · Identifikasipasien apakah berisiko untukinfeksi nosokomial
  • · Lakukan rawat luka dengan teknikAntiseptik
  • · Mendorong dan menjaga asupan kalori dan proteindalam diet
  • · Batasitindakaninvasif(IV, spesimenlaboratorium)
  • · Batasipengunjungbila memungkinkan
    • Untuk menemukan masalah sejak awal
    • Untuk menghindari masuknya kuman lewat luka
    • Membantu memberikan pertahanan kekebalan tubuh
    • Untuk menghindari masuknya kuman lewat tindakan invasif
    • Setiap orang bisa menjadi media penularan infeksi
 

 

 


 

BAB 5

PENUTUP

 

4.1 Kesimpulan

Prosedur pembedahan muskuloskeletal biasanya direncanakan dan diberikan waktu untuk mempersiapkan keadaan jasmani klien dan psikososial. Tindakan preoperative yang diberikan perawat kepada pasien sangat  berperan penting bagi pasien untuk  mempersiapkan diri menjalani  prosedur pembedahan. Sebelum dilakukan pembedahan musculoskeletal, beberapa klien memiliki keadaan yang belum stabil yaitu nyeri dan kesakitan. Seperti pada klien yang memerlukan penyatuan tulang sendi pada penyakit radang sendi. Mereka sering mengalami perasaan yang campur aduk. Mereka juga merasa ketakutan akan bertambahnya penderitaan dan kecacatan. Intervensi dari pre operatif untuk mencegah kemungkinan terjadinya kegawatan sewaktu pembedahan.

Ketika keadaan pasien sudah stabil maka sesegera mungkin untuk dilakukan tindakan pembedahan agar tidak terjadi kerusakan yang terlalu parah. Tulang mudah terkena infeksi kronik atau kekakuan sendi, persiapankan pengobatan kulit pada pembedahan. Dalam melakukan pembedahan luka, traumatic terbuka seperti fraktur terbuka diberikan sangat hati-hati, karena akan terkontaminasi, persiapan ahli bedah sebelum operasi berada pada kondisi aseptic.

Pembedahan sudah dilakukan, maka yang harus dipersiapkan adalah tindakan post operatif dimana kondisi pasien selalu dipantau sampai kondisi pasien tersebut stabil.

 

4.2 Saran

Dalam penanganan tindakan operasi baik sebelum tindakan, ketika tindakan dan setelah tindakan operasi perawat harus selalu hati-hati dalam bertindak. Persiapan sebelum operasi sangat berpengaruh dalam kelancaran tindakan pembedahan maka perawat harus mempersiapkan kondisi fisik pasien terutama kondisi psikologis, sosil dan spiritual pasien dalam menghadapi tindakan tersebut, dan untuk setelah tindakan perawat juga harus mempersiapkan kondisi pasien sampai dengan stabil dan pulih kembali.

Dengan demikian pola asuhan keperawatan yang tepat adalah melalui proses perawatan yang dimulai dari pengkajian yang diambil adalah merupakan respon klien, baik respon biopsikososial maupun spiritual, kemudian ditetapkan suatu rencana tindakan perawatan untuk menuntun tindakan perawatan. Dan untuk menilai keadaan klien, diperlukan suatu evaluasi yang merujuk pada tujuan rencana keperawatan.

Dengan adanya makalah ini, diharapkan perawat serta mahasiswa keperawatan dapat melakukan asuhan keperawatan dengan tepat yang berdasar teori teori dan konsep yang ilmiah.

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Effendy, Christantie dan Ag. Sri Oktri Hastuti, 2005, Kiat Sukses menghadapi Operasi, Sahabat Setia, Yogyakarta.

Sjamsulhidayat, R. dan Wim de Jong, 1998, Buku Ajar Imu Bedah, Edisi revisi, EGC, Jakarta

Smeltzer, Suzanne C. and Brenda G. Bare, 2002, Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah: Brunner Suddarth, Vol. 1, EGC, Jakarta

Wibowo, Soetamto, dkk, 2001, Pedoman Teknik Operasi OPTEK, Airlangga University Press, Surabaya.

 

Download

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :